1. warung si abah

yaa…
seperti biasa lah… nggak bisa tidur..
jam sudah menunjukkan pukul 4.00
bagi2 info aja….

didinginnya udara saat menulis, tiba2 aku teringat 4 warung kopi langganan ku di ciroyom. setiap warung kopi mempunyai keunikan tersendiri. keunikan dalam arti penjaga atau pemilik warung kopi.

warung pertama adalah warung abah. warung ini berada di dekat rel kereta api. tentang abah sendiri yg lahir tahun 1925 ini sudah cukup lama membukan warung kopi. sebenarnya beliau tidak saya menyediakan kopi, tp ada sate daging sati yg yaa… cukup enak lah. abah yg aku nilai agak sedikit tertutup dengan warga sekitar karena wataknya yg emang keras dan cuek. perkenalan dengan abah pun cukup unik. pertama – tama ketemu emang rada cuek orangnya. tp lama – lama beliau sudah mulai menegur kalo bertemu dijalan atau kebetulan sedang lewat depan warungnya. yaa… maklum aku beserta 2 orang sahabat ku sering nongkrong dari tengah malam sampai matahari terbit dan kadang – kadang suka nongkrong di suatu lahan yg terbuat dari beton yg tidak ada kursi. jd duduk dmana? yaa… duduk beralaskan beton dan beratap langit, bukan duduk dikursi dan beratap tenda seperti warungnya abah. abah yg mengaku terlibat dalam peristiwa Bandung Lautan Api. dia sangat tahu detail tentang peristiwa sejarah tersebut… bahkan beliau banyak menambahkan hal – hal yg tidak ada dalam buku sejarah sekolah. lokasi demi lokasi dia ceritakan dengan detailnya tentang peristiwa tersebut. dari peristiwa tersebut beliau menghubungkan dengan lagu Halo – Halo Bandung. memang… dari penjelasan beliau ada hubungan peristiwa Bandung Lautan Api dengan lagu Halo – Halo Bandung.

setelah tahu kalau aku adalah mahasiswa ITB, beliau pun bercerita tentang ank kesayangannya yg pernah kuliah di ITB jurusan Teknik Industri. sekarang si anak bekerja sebagai dosen di sebuah unversitas milik angkatan udara di bandung. dengan bangganya beliau ingin mempertemukan aku dengan anknya. beliau bercerita si ank yg satu ini adalah ank paling sering berkunjung ke warungnya, dan ternyata warung abah ini di modali oleh anknya. pernah saat anknya datang aku tidak sedang berada di ciroyom dan besoknya saat aku kebetulan lewat depan warung abah, beliau memanggil ku dengan suara keras. beliau memberitahu kalo kmaren anaknya menunggu ku dari sore sampai malam.

suatu malam, aku sedang berda didalam rubel sahaja yaa… bercanda dengan anak – anak. abah tiba datang dan berkata “anak saya mw ketemu ama kamu.” aku pun langsung bergegas! ternyata anak abah cukup unik dan sepertiny islam fanatik. awal perkenalan “perkenalkan, panggil saya Abdullah yg artinya Hamba Allah” katanya. saya pun diam sejenak karena bingung, dan ditambahkannya ” maaf… saya lebih senang kalo orang – orang tidak tahu nama asli saya, maka dari itu panggil saja saya Abdullah yg artinya Hamba Allah” dia berusaha menjelaskan. “Ooo… ya2! nama saya Nanta” balas ku. dari obrolan yg yaa… agak lumayan kaku, ternyata dia kuliah di jurusan Teknik Industri ITB dan angkatan 2002, lulus tahun 2006. dikampus ITB dia aktif di unit kesenian yg yaa… aku lupa namanya… pokoknya unit yg kerjanya main angklung dan itu terlihat dari jaket yg dia gunakan. Abdullah ini lah yg sering main ke warung abah, saat pertemuan dia suka khawatir kalo habis hujan lebat, karena takut warung abah yg terbuat dari tenda rubuh. ada yg unik darinya.. saat saya bertanya alasan namanya tidak suka diketahui oleh orang lain dan di jawab dia sedang meniru salah satu keturunan langsung Nabi Muhammad. “emang nilai itu hadist, sunah, atau apa?” tanya ku, jawabnya agak tidak jelas tp yaa… intinya di suka dengan hal itu. obrolan pun selesai setelah menjelang malam karena Abdullah harus bekerja lg. sejak saat itu aku pun menjadi semakin akrab dengan abah dan istrinya yg sedang sakit gangguan saraf. pernah saat bertemu di jalan, berkata kalo anknya yg kmaren ingin bertemu lg dengan saya dan ingin ngbrol panjang.
pernah saat sahabat ku bertanya “menurut bapak, partai apa yg paling bagus di Indoensia ini?” beliau pun menjawab dengan percaya diri “kalo menurut saya partai yg bagus adalah PKI” kaget bukan main..!!

sekarang kalo aku mesan kopi ke warung abah… aku selalu disambut hangat dengan senyuman lewat wajahnya yg sudah sangat keriput dan badannya yg kurus tp masih sigap dan lincah dalam bergerak. “kopi cep? mau ABC atau kapal api?”, “kali ini duduk dmana cep? di tempat biasa?”, “knp nggak disini aja atug cep?” kata2 yg selalu di ucapkan setiap aku datang.

salam
ank punk!!!

Tinggalkan komentar